Monday, March 14, 2016

Tips Agar Dokumen MS Word Tidak Bisa Di Edit dan Di Copy Paste

Pernahkan Anda marah atau kesal gara-gara dokumen penting ada yang mengambil atau mengkopi lalu diedit sedemikian rupa sehingga isi dari dokumen tersebut berubah dan Anda terpaksa harus mengubah kembali? atau tidak ingin dokumen penting Anda ada yang mengedit setelah membagikan ke teman-teman atau Anda ingin ketika share dokumen penting di internet agar bisa dimanfaatkan orang lain tapi tanpa mengubah struktur isinya?.

Kali ini admin akan berbagi tips cara melindungi dan mencegah tindakan editing dokumen, baik disengaja maupun tidak disengaja. Caranya adalah dengan memberi password dokumen Anda, sehingga orang lain tidak akan dapat lagi mengutak-atik dokumen Anda, kecuali jika orang tersebut mengetahui passwordnya.

Manfaat dari melindungi dokumen ini adalah agar orang lain tidak dapat mengedit file dokumen word Anda tetapi masih bisa membacanya.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka dokumen Microsoft Word yang akan dipassword dan klik menu Review, kemudian klik Protected Document, maka akan muncul jendela kecil di sebelah kanan dokumen Ms Word Anda. Klik Restrict Formatting and Editing (untuk Office 2007). Jika Anda pengguna Office 2010 dan 2013 seperti Admin, maka klik Restrict Editing.

Memberi password word

2. Masih pada jendela yang sama setelah klik Restict editing, maka akan muncul jendela kecil dengan beberapa pengaturan. Pertama centang Limit Formatting to a selection of styles, kemudian centang Allow only this type of editing in the document. Kemudian pilih tombol Yes, Start Enforcing Protection.

Dokumen MS Word Tidak Bisa Di Edit

*Catatan:
Pada pilihan Allow only this type of editing ada beberapa pilihan yang memiliki fungsi tersendiri, diantaranya:

● Tracked changes : Tulisan yang diedit di di garis merah (stroke)
● Comments : Pilihan untuk menjadikan tulisan sebagai komentar
● Filling in form : Pilihan agar tulisan dokumen tidak bisa diedit dan dicopy
● No changes : Pilihan ini hanya untuk anti-edit pada tulisan dan bisa di-copy

Karena di sini kita akan membuat dokumen agar tidak bisa diedit dan dicopy maka pilih yang Filing in form.

3. Setelah Anda klik tombol Yes, Start Enforcing Protection, maka akan muncul jendela baru yang meminta untuk mengatur password yang Anda inginkan (harap diingat-ingat password yang Anda masukkan, karena akan berguna suatu saat jika Anda ingin mengeditnya kembali).

Setelah memasukan password, klik tombol OK. Nah dari sini Anda sudah berhasil mengamankan dokumen dari resiko yang tidak diinginkan atau terlindungi dari tangan-tangan jahil hehe.

Tips Agar Dokumen MS Word Tidak Bisa Di Edit dan Di Copy Paste


Setiap orang yang mengakses dokumen Anda hanya bisa membaca tanpa dapat mengutak-atik lagi isinya karena telah dilindungi  oleh password. Untuk itu pastikan dengan benar bahwa password yang digunakan tidak mudah ditebak.

Lalu bagaimana jika ingin menghilangkan proteksi dokumen jika suatu saat ingin mengeditnya kembali? Caranya sangat mudah sekali.

Pertama, arahkan mouse ke dalam dokumen dan cobalah untuk melakukan perubahan isinya atau juga bisa pilih Review kemudian Restrict editing.

Dokumen MS Word Tidak Bisa Dicopy



Kedua atau terakhir klik saja Stop protection, dan akan diminta mengisi password yang telah diatur sebelumnya, lalu klik OK dan Tarraaa... Anda sudah dapat melakukan perubahan atau modifikasi dokumen Ms Word tersebut seperti biasa.


Tips Agar Dokumen MS Word Tidak Bisa Di Edit dan Di Copy Paste

Jika Anda ingin melindungi kembali dokumen-dokumen tersebut setelah mengeditnya, caranya sama seperti tips di atas. Atau jika ingin membiarkan tanpa memproteksi dokumen Anda, maka cukup biarkan saja tanpa perlu dilakukan cara perlindungan di atas.

Demikian tips Ms Word kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Load comments