Tuesday, February 21, 2017

Cara Mengatur Teks di Blog Agar Rata Tengah, Justify, Kanan dan Kiri OK

Salah satu kebiasaan saya yang sulit dirubah adalah utak-atik template, apalagi di waktu senggang tidak ada kegiatan dan malas mosting, meski pada dasarnya gak punya ilmu dasar tentang bahasa pemrograman web, dan lain-lain. Yang penting Bismillah, modal nekad dan tidak merugikan orang lain, meski beberapa kali template mengalami error strukturnya, ya gak apa-apa... namanya juga belajar, harus berani untuk trial and error.

Cara Mengatur Teks di Blog Agar Rata Tengah, Justify, Kanan dan Kiri

Seperti hari ini saat ganti template blog saya yang lain. Dimana susunan teks di blog berubah rata kanan dan kiri atau biasa disebut justify, padahal sebelumnya rata ke kiri (left).

Bagi Anda yang pernah mengalami hal demikian, gak usah pusing dan bingung, apalagi galau. Karena sebenarnya cukup mudah sekali untuk mengatur susunan tulisan di blog agar sesuai keinginan.

Yang mesti harus diperhatikan adalah template itu sendiri, karena bisa jadi tiap template mempunyai struktur kode yang berbeda. Tapi dari rata-rata template yang saya gunakan biasanya kode untuk mengatur tulisan di blog terletak sesudah kode #main-wrapper atau #post-wrapper pada menu “edit HTML” template.

Untuk caranya:

1. Buka Dashboard template Anda, lalu pilih template

2. Buka menu “edit HTML”.

Cari kode #main-wrapper atau #post-wrapper pada HTML. Agar pencarian lebih cepat dan praktis tekan keyboard/tombol Ctrl+F, lalu ketikkan #main-wrapper atau #post-wrapper dan tekan Enter.

3. Jika sudah ketemu cari kode .post atau .post-body setelah kode #main-wrapper atau #post-wrapper. Lalu cari tulisan “text-align:”. Contoh lihat gambar di bawah.

Cara Mengatur Teks di Blog Agar Rata Tengah, Justify, Kanan dan Kiri

Untuk lebih jelasnya lihat kode di bawah ini:

a. text-align:left (untuk rata kiri)

b. text-align:justify (untuk rata kanan-kiri)

c. text-align:center (untuk rata tengah), dan

d. text-align:right (untuk rata kanan).

Misal jika Anda ingin mengubah teks postingan yang sebelumnya rata kanan-kiri (text-align:justify) dan ingin merubah rata kiri caranya cukup mengganti justify dengan left, jadi hasilnya akan seperti ini text-align:left, sehingga tulisan di blog akan rata kiri secara otomatis. Atau jika ingin merubah susunan teks ke bentuk lainnya, caranya kurang lebih sama dengan di atas.

Bagaimana, cukup mudah sekali bukan?. Selamat mencoba!
Load comments