Wednesday, December 27, 2017

Mengatasi Windows 10 yang Tidak Bisa Shut down, Restart, Sleep dan Log out

Salah satu permasalahan pengguna Windows, baik Windows 7, 8 ataupun 10 adalah Windows tidak bisa dishut down atau matikan. Bahkan tidak hanya shut down saja, direstart, sleep maupun log out sama sekali tidak bisa meski Windows masih dioperasikan secara normal.

Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu lalu, dimana sehabis beraktivitas di depan laptop saat ingin mematikan Windowsnya, sama sekali tidak ada respon. Entah apa penyebabnya, lagi malas mencari. Yang jelas untuk aktivitas lain di laptop masih lancar tidak ada kendala. Mungkin ia kelelahan efek buat nglembur seharian penuh, karena kebetulan banyak tugas yang harus dikerjakan sehingga ada sedikit error/crash pada sistemnya.

Mengatasi Windows 10 yang Tidak Bisa Shut down, Restart, Sleep dan Log out

Berbagai cara sudah dicoba untuk mengatasi hal tersebut. Browsing sana-sini, mulai edit menu Register, utak-atik Power Options, dll. Kenyataannya nihil alias sama sekali tidak bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Sebenarnya kalau mau cepat mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan cara pintas untuk mematikan laptop/PC, yaitu dengan cara paksa menekan tombol "Power" beberapa detik. Dijamin laptop/PC akan mati seketika (shutdown maksudnya). Namun cara pintas ini mempunyai dampak yang kurang baik jika sering dilakukan, terutama pada komponen hardware laptop/PC.

Lalu, bagaimana cara mengatasi Windows 10 yang tidak bisa shut down, restart, sleep dan log out?

Jawabannya adalah sangat mudah sekali. Cara ini sama saat kita mengalami kesulitan menutup aplikasi tertentu di laptop. Kita bisa menggunakan menu "Task Manager" pada windows.

Pertama, silahkan buka Task Manager laptop Anda. Caranya klik kanan pada menu Start, lalu klik Task Managernya.

Windows tidak bisa dishut down

Kedua atau terakhir, pada tab Processes cari Windows Logon Application, kemudian klik End task. Tunggu beberapa saat sampai laptop/PC Anda akan mati dengan sendirinya.

cara mematikan windows yang tidak bisa dishutdown

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan?. Lantas, apakah ada efek jika mematikan Windows dengan cara tersebut?. Saya kira tidak ada karena prosesnya sama seperti ketika kita mematikan paksa aplikasi yang sulit ditutup melalui menu Task Manager. Terbukti saat laptop saya nyalakan bisa normal kembali, begitu juga saat dishut down maupun restart, alhamdulillah tetap lancar jaya.

Demikian, sedikit pengalaman bagaimana cara mengatasi windows 10 yang tidak bisa shut down, restart, sleep dan log out. Semoga bermanfaat dan salam senyum bahagia!

Load comments