Saturday, March 12, 2016

Tips Mencari Alamat dengan Search Engine

Search engine adalah program yang digunakan untuk mencari informasi di lingkungan (realm) tertentu dan menyimpannya dalam database. Istilah tersebut seringkali dikaitkan dengan internet search engine, yakni search engine yang didesain khusus untuk mencari informasi di internet. Search engine membantu kita mengorganisir dan menampilkan informasi sedemikian rupa, sehingga informasi tersebut mudah diakses.

Ada tiga hal yang menyangkut search engine, yaitu crawling, indexing, dan searching. Sewaktu crawling, search engine mencari konten baru yang tidak ditemukan pada crawl terakhir, termasuk update file dan halaman web. Kemudian ia mengindex informasi yag didapat, mengambil keywoard lalu mengelompokkannya.

D internet misalnya, indexing sangat dipengaruhi oleh keyword dan meta tag yang menyediakan informasi mengenai halaman web.

Meskipun search engine bekerja dengan cara serupa, tetapi kegunaannya bisa cukup bervariasi. Search engine bekerja didasarkan algoritma kompleks untuk menentukan relevansi hasil pencariannya, terutama hasil pencarian keyword-keyword generik. Dan pengguna internet cenderung lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil pencarian seperti yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Bing dan Lycos misalnya, berlomba melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil pencarian yang ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.

Search engine

Google menjadi sangat terasosiasi dengan proses web search sehingga pencarian di web kini diistilahkan dengan “googling”. Google sendiri sebenarnya tidak terlalu menyukai hal ini, karena khawatir penggunaan huruf kecil pada penyebutan nama perusahaannya, dan pengunaannya secara generik dapat mengurangi nilai jual.

Internet merupakan gudang informasi sama halnya seperti perpustakaan. Perpustakaan menyimpan informasi di buku-buku. Karena jumlahnya yang sangat banyak, sehingga diperlukan daftar buku atau katalog. Untuk menemukan informasi yang diinginkan, kita bisa melihat daftar indeks yang biasanya ada di bagian akhir buku. Jika ternyata informasinya tidak relevan, dengan cepat kita bisa berganti ke buku berikutnya, praktis dan cepat.

Jika ada katalog dan indeks situs web, tentu bisa mencari informasi dengan cepat. Namun informasi di internet tersebar dalam berbagai bentuk layanan. Setiap layanan internet menyimpan informasi tersendiri di dalamnya. Selain itu, internet adalah media informasi yang terus tumbuh. Orang yang tidak begitu mahir komputer, bisa dengan mudah mengirimkan filenya ke internet. Akibatnya, situs-situs internet bisa berubah dengan cepat setiap saat. Tidak ada yang tahu pasti, berapa jumlah file yang ada di internet. Itulah sebabnya, mencari informasi di internet tidak bisa mengandalkan satu cara.

Menurut Laura Cohen dalam artikelnya Conducting Research on the Internet (http://www.internettutorials.net), ada beberapa cara untuk mencari informasi di internet, yaitu sebagai berikut.

1. Membuka Situs Web Secara Langsung
Jika kita sudah mengetahui alamat situs web atau URL yang harus dikunjungi, untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan, maka langsung saja menuliskan URL di tab alamat browser. Tekan Enter dan tunggu beberapa saat sampai informasi yang kita cari ditampilkan.

2. Menjelajahi Situs Web
Hampir setiap halaman situs web memiliki link yang saling terhubung ke halaman lain atau situs lain. Manfaatkanlah link ini untuk menjelajahi situs web dan mencari informasi yang dibutuhkan. Kadang-kadang situs web memiliki fasilitas untuk mencari artikel atau informasi yang ada di dalam situs. Contohnya situs koran atau tabloid online, forum diskusi, dan blog. Manfaatkanlah sarana ini sebaik-baiknya untuk menemukan informasi yang kita cari.

3. Menjelajahi Isi Direktori Internet
Direktori internet berisi daftar situs yang membahas topik tertentu. Biasanya direktori internet diberi nama sesuai dengan topiknya. Misalnya, direktor olahraga, berisi situs-situs yang membicarakan berbagai cabang olahraga, seperti bola, tenis, atletik, balap motor, dan sebagainya.

4. Memanfaatkan Mesin Pencari
Mesin pencari merupakan situs web yang menyediakan program untuk membantu menemukan situs web yang memuat informasi tertentu berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Cara inilah yang paling populer dan cepat. Contohnya Google (www.google.com), Yahoo! (www.yahoo.co.id), Bing (www.bing.com), dan sebagainya.

5. Memanfaatkan Informasi yang Disediakan Universitas atau Lembaga Lain
Kita bisa menemukan informasi dengan mengunjungi universitas, lembaga pendidikan, organisasi, perusahaan, atau lembaga pemerintahan yang berkaitan dengan  berkaitan dengan informasi itu. Misalnya mencari buku sekolah elektronik bisa dengan mengunjungi situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (http://bse.kemdikbud.go.id) , Menemukan berbagai produk hukum (UU, Perpu, Kepres, dan sejenisnya) dengan mengunjungi situs resmi pemerintah Indonesia (www.indonesia.go.id), mencari daftar gubernur se-Indonesia melalui situs Kementerian Dalam Negeri (www.kemendagri.go.id), dan sebagainya.

6. Menjelajahi Informasi Yang Disimpan Dalam Database situs web
Beberapa situs web mempunyai informasi yang tidak bisa ditemukan dengan menggunakan mesin pencari. Situs seperti ini diberi istilah deep web. Cara satu-satunya untuk mengakses adalah dengan mengunjungi situs tersebut dan menjelajah link-link yang tersedia. File multimedia, gambar, dan file non-HTML (misal file PDF, file Microsoft Word, dan lainnya) yang ada di dalam suatu situs juga sering tidak bisa ditemukan dengan mencari pencari.

7. Bergabung Dengan Forum Diskusi atau Mailing List
Mengikuti forum diskusi atau mailing list yang membahas topik tertentu merupakan cara cepat untuk menemukan informasi. Isi forum diskusi tidak selalu bisa ditemukan dengan mesin pencari.

Misalnya, mencari info dan foto kota-kota di Indonesia bisa berkunjung ke forum diskusi skyscrapercity (www.skyscrapercity.com), Info kamera digital dan cara penggunaanya bisa kita temukan di forum diskusi Kamera-digital (www.kamera-digital.com/forum), Kaskus (www.kaskus.co.id) merupakan forum diskusi dari banyak komunitas, dan masih banyak lainnya.

Sebagian informasi yang ada di situs ini tidak bisa ditemukan dengan mesin pencari. Dengan kata lain, kita harus berkunjung ke sana. Bahkan bila bergabung, kita bisa bertanya kepada admin atau anggota lain mengenai informasi yang kita butuhkan.

8. Membaca Blog dan Sejenisnya
Hampir sama seperti forum diskusi dan mailing list, isi blog terkadang tidak selalu bisa ditemukan melalui mesin pencari. Bahkan untuk informasi yang populer sekalipun seperti teknologi dan berita, padahal banyak blog yang mengulas informasi teknologi atau berita terkini.

Isi blog juga sering dikomentari oleh orang lain, sesuai dengan pengalaman atau pengetahuan pemilik blog. Kadang-kadang dengan membaca komentar-komentar di blog, kita bisa memperoleh banyak informasi yang tidak terduga.

Ada banyak blog yang membahas pendidikan, sekolah, komputer, budaya, politik, hingga hobi khusus semacam motor, mobil, memancing, atau ngeblog, seo dan adsense, dan sebagainya.

Demikian tips mencari alamat dengan memanfaatkan Search engine, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Load comments